Kurikulum

Kurikulum pedidikan dan pengasuhan Taman Batita Cahaya Ilmu mengacu pada kurikulum pendidikan anak usia dini dari Departemen Pendidikan Nasional dengan memberikan ciri khas pendidikan dan tata nilai budaya Islam, dengan mempertimbangkan 7 aspek perkembangan anak, yaitu:

  1. Perkembangan gerakan motorik kasar. Gerakan motorik adalah semua gerakan yang dilakukan melibatkan sebagian besar dari kegiatan tubuh dan biasanya memerlukan tenaga, karena dilakukan oleh otot-otot besar.
  2. Perkembangan motorik halus. Yaitu gerakan yang dilakukan oleh bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil.
  3. Perkembangan komunikasi yang pasif. Dalam hal ini, kemampuan anak untuk mengerti isyarat dan pembicaraan orang lain.
  4. Perkembangan komunikasi aktif. Yakni kemampuan anak untuk mengungkapkan keinginan dan perasaan dalam bentuk kata-kata.
  5. Perkembangan kecerdasan. Kecerdasan ini mengandung makna kemampuan daya ingat, daya tangkap seorang anak pada umur tertentu.
  6. Perkembangan kemampuan menolong diri sendiri. Dalam hal ini, adalah ketrampilan dan kemampuan menolong diri sendiri pada saat umur tertentu.
  7. Perkembangan tingkah laku sosial. Yaitu tingkah laku yang mencerminkan kemampuan hidup berdampingan dengan orang lain.